Daerah Rawan Kecelakaan ( Blackspot) Kabupaten Sambas

LOKASI RAWAN (Black-spot) kecelakaan merupakan suatu lokasi kecelakaan yang memiliki angka kecelakaan dalam dua digit selama dua tahun . Tetapi secara sederhana, lokasi rawan kecelakaan bisa diartikan sebagai lokasi kejadian kecelakaan yang terjadi secara berulang dalam suatu ruang dan waktu yang relatif sama dan diakibatkan oleh penyebab yang relatif sama pula Blackspot juga merupakan suatu titik atau area yang menunjukkan bahwa daerah tersebut merupakan derah rawan kecelakaan yang dapat dilihat dari data kecelakaan dalam satu tahun.


Daerah rawan kecelakaan lalu lintas dapat diklasifikasikan menjadi 3 (tiga) yaitu :

1. Black Spot adalah adalah suatu titik atau area yang menunjukkan bahwa daerah tersebut merupakan derah rawan kecelakaan yang dapat dilihat dari data kecelakaan dalam satu tahun. Black spot biasanya berkaitan dengan daerah perkotaan dimana lokasi kecelakaan dapat diidentifikasikan dengan pasti dan tetap pada suatu titik tertentu.

2. Black Site adalah ruas (jalan) daerah rawan kecelakaan. Black Site biasanya ditemukan di jalan-jalan luar kota dimana pada rentang tertentu ruas tersebut sering terjadi kecelakaan. Rentang black site biasanya lebih dari 300 m.

3. Black Area adalah wilayah rawan kecelakaan. Black area biasanya dijumpai pada daerah – daerah atau wilayah yang homongen misalnya perumahan, industri dan sebagainya.


kriteria lokasi titik kecelakaan (black spot) secara umum, yang digunakan untuk mengidentifikasi titik kecelakaan (black spot) adalah :

1. Jumlah kecelakaan selama periode tertentu melebihi suatu nilai tertentu;

2. Tingkat kecelakaan atau accident rate (per kendaraan) untuk suatu periode tertentu melebihi suatu nilai tertentu

3. Jumlah kecelakaan dan tingkat kecelakaan keduanya melebihi nilai tertentu

4. Tingkat kecelakaan melebihi nilai kritis yang diturunkan dan analisis statistis


Adapun kondisi jalan di Kabupaten Sambas sendiri merupakan jalan lurus tanpa hambatan sehingga kendaraan sering melaju dengan kecepatan tinggi. Pada tahun 2018-2020. Kabupaten Sambas yang mempunyai beberapa kecematan dan dibagi beberapa desa ini mengalami peningkatan dan penurunan angka kecelakaan pada setiap keceamatannya. Berikut adalah data kecelakaan di beberapa titik kecematan di Kabupaten Sambas pada tahun 2018-2020 :

Telusuri Mengunakan

GOOGLE EARTH

Dan Open Projet Dari File Di Bawah Menggunakan Google Earth

Download File KML

DATA KECELAKAAN Dengan GRAFIK AEK DAN UCL